Pelatihan E-Learning, UTU Implementasikan Kampus Merdeka
  • UTU News
  • 14. 12. 2020
  • 0
  • 1334

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar (UTU) dengan sigap merespon program merdeka belajar dan kampus merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Respon itu ditunjukkan dengan telah melaksanakan berbagai langkah penyesuaian, termasuk melaksanakan berbagai pelatihan untuk tenaga pendidik.

Melalui Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama (AKPK), UTU melaksanakan pelatihan e-learning di gedung ICT, Senin (14/12/2020).

Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dalam sambutannya mengharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para dosen UTU dapat memanfaatkan sistem e-Learning ini dengan baik, agar sistem belajar mengajar lebih baik dan dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa.

Tujuan dari diadakannya pelatihan e-Learning ini yaitu, memperkenalkan kepada seluruh tenaga dosen pada semua program studi di lingkungan Universitas Teuku Umar mengenai sistem pembelajaran melalui sistem e-Learning dengan memanfaatkan teknologi internet.

Selain itu memberdayakan metode pembelajaran kampus (terutama antara dosen dan mahasiswa) melalui e-Learning yang terintegrasi dengan sistem pembelajaran yang ada dilingkungan Universitas Teuku Umar.

Dikatakan Prof. Jasman, walaupun demikian e-Learning ini tidak menstopkan perkuliahan di kelas, melainkan melalui e-Learning tersebut para dosen dapat mengawal dan meningkatkan komunikasi mahasiswa dengan dosen di luar kelas dengan maksimum.

Pelatihan yang diikuti oleh para dosen perwakilan tiap program studi ini menghadirkan Dr. Ismul Huda, M.Si dari Universitas Syiah Kuala, sebagai pemateri.

Ismul mengatakan di samping karena kebutuhan dan kewajiban bagi kampus untuk memiliki perangkat pembelajaran online, juga bisa mempermudah implementasi dari merdeka belajar dan kampus merdeka.

Menurutnya, dengan melaksanakan pembelajaran secara daring, pelaksanaan pertukaran pelajaran yang menjadi salah satu bentuk implementasi kampus merdeka menjadi sangat mudah.

“Semisal dari Prodi Sipil mengambil mata kuliah di prodi manajemen, cukup mengikuti kelas daring saja,” ujar Ismul.

Bahkan, tambah Ismul, mahasiswa dari luar kampus UTU, akan dengan sangat mudah bisa mengikuti perkuliahan di UTU. “Begitu juga sebaliknya,” ucapnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :