Ormawa FPIK Menggelar Workshop PKM, ini Targetnya
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 13. 09. 2021
  • 0
  • 192

FPIK-UTU. Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa dan Rumoh Kreatif FPIK merupakan salah satu organisasi mahasiswa dibawah Fakultas perikanan dan Ilmu Kelautan menyelenggarakan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan tema "Tips dan Trik Lolos Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)”. Agenda ini merupakan salah satu program kerja bidang pendidikan BEM FPIK dan berkerja sama dengan seluruh ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) serta Rumoh Kreatif FPIK, Senin, 13 September 2021.

Acara workshop ini di buka oleh Bapak Prof. Dr. M. Ali. S, M.Si, selaku dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang di ikuti oleh 60 orang mahasiswa dari keempat jurusan yang ada di lingkup FPIK tersendiri. Sambutan singkat, Prof. Ali menyampaikan harapan pada pendanaan PKM tahap ini, akan ada puluhan bahkan ratusan proposal PKM yang hadir dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan menjadi terbanyak lolos dari tingkat Fakultas se Universitas Teuku Umar. Tidak hanya itu, masih banyak motivasi yang diberikan kepada mahasiswa yang berhadir di dalam ruangan aula gedung integritas UTU itu dengan harapan agar kali ini PKM kita akan ada yang lolos hingga PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional) karena sudah beberapa tahun terakhir ini, FPIK merupakan Fakultas yang paling banyak menyumbang proposal PKM, Ujar Prof Ali.

Setelah workshop ini dibuka, dilanjutkan dengan penyampaian motivasi yang di sampaikan oleh Dr. Muhammad Rizal, M.Si selaku wakil dekan I FPIK serta pembina Rumoh Kreatif FPIK yang sudah terbentuk sejak 2019. "Kampus besar akan hadir melalui mahasiswa yang kreatif pula, dan kampus yang besar akan hadir dimulai dari hal-hal kreatif yang akan di ajukan seperti pengajuan proposal PKM yang akan kita hadapi", ujar Dr. Rizal saat penyampaiannya.

"Tidak perlu banyak untuk menjadi hebat, namun niat dan action yang nyata adalah kunci untuk berhasil, dan kita harus mengubah mindset kita dengan tujuan bukan hanya sekedar lolos pendanaan saja, namun PIMNAS adalah target kita tahun ini", tegas Dr. Rizal..

Tak luput dari motivasi saja, PKM itu tidak akan ada hasilnya jika dalam penulisan masih banyak yang rancu, sehingga pada acara ini panitia menghadiri Bapak Hafinuddin, M.Sc selaku Wakil Dekan II FPIK, beliau membahas materi mengenai acuan dasar penulisan proposal PKM. Banyak kita melihat para mahasiswa begitu semangat membuat proposal PKM, namun mereka enggan dengan bentuk penulisan yang benar, sehingga judul menarik, akan tetapi tidak mendapatkan pendanaan, itu dikarenakan banyak isi dari proposal PKM tidak sesuai atau tidak mengarah apa yang diharapkan dalam proposal PKM tersebut, maka perlu adanya penulisan yang benar dan terarah, sehingga dapat lebih mudah untuk dipahaminya.

Setiadi M. Noor, S.Pi merupakan mahasiswa yang pernah mendapatkan pendanaan PKM pada tahun 2019 dan 2020, beliau juga memberikan motivasi dan berbagi tips untuk dapat lolos pada pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Yang penting kita semua semangat, jangan pantang menyerah membaca panduan, semangat menulis proposal, Insya Allah kita sukses [Budiman]

Lainnya :