Dosen UTU Beri Pembekalan pada Pengawas Pemilu 2024 di Aceh Jaya
  • UTU News
  • 29. 11. 2022
  • 0
  • 878

MEULABOH, UTU – Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar memberikan pembekalan kepada pengawas pemilu Kabupaten Aceh Jaya. Kegiatan Sosialisasi dan Implementasi Peraturan dan Non Peraturan Bawaslu yang di gelar oleh Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Jaya tersebut dilaksanakan pada (Sabtu 26/11) di Ballroom Hotel Pantai Barat, Calang Aceh Jaya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tiga narasumber, yaitu Dr. Ikhsan, M.I.P, Cut Asmaul Husna, MM dan Ramzi Murzikin, MA, serta seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Aceh Jaya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman panwascam tentang pengawasan pemilu yang sesuai dengan kondisi dan situasi di Kabupaten Aceh Jaya.  

Dr. Ikhsan, M.I.P sebagai salah satu pembicara mengatakan bahwa seluruh Panwascam harus siap dengan situasi pengawasan yang dinamis saat ini. Pengawasan pemilu harus mulai bertransformasi dari pengawasan secara konvensional menuju pengawasan secara digital. Situasi ini terjadi karena terjadi perubahan dalam strategi kampanye peserta pemilu, baik partai politik maupun calon legislatif, yang mulai meninggalkan cara-cara konvensional dan beralih ke kampanye secara digital.

Ditambahkannya, Kondisi tersebut otomatis akan berpengaruh pada jenis pelanggaran pemilu yang terjadi akan didominasi oleh pelanggaran kampanye secara digital daripada pelanggaran konvensional. Oleh karena, Panwascam harus dibekali dengan pengetahuan mengenai tata cara pengawasan pelanggaran pemilu secara digital, terlebih Paswascam adalah aktor utama dalam pengawasan pemilu di Kabupaten Aceh jaya.

Sementara itu, Ketua Panwaslih Aceh Jaya, Nurhayati, M.Si mengatakan bahwa pihaknya mengadakan kegiatan sosialiasi ini untuk meningkatkan pemahaman Panwascam tentang peraturan dan non-peraturan Bawaslu dengan menghadirkan tiga orang narasumber. “Kami menghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten di bidang politik dan kepemiluan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman Panwascam dalam hal pengawasan pemilu.” Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan Panwaslih Aceh Jaya dalam menghadapi pemilu 2024. (Humas UTU)

 

 

Lainnya :