Asesor UI Green Metric Melakukan Visitasi ke Universitas Teuku Umar

MEULABOH-UTU | Asesor UI Green Metric melakukan kunjungan ke Universitas Teuku Umar (UTU). Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama yang dilakukan oleh UI green metric. Kunjungan ini dalam rangka melakukan pembinaan terhadap kampus UTU bidang kampus berkelanjutan. 

UI green metric adalah sebuah inovasi Universitas Indonesia (UI) yang telah dikenal luas baik nasional maupun internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan kampus yang berkelanjutan. Jumlah perguruan tinggi yang telah ikut bergabung mencapai 912 universitas dari 84 Negara di Dunia.

Kegiatan ini langsung di buka oleh Rektor UTU yaitu Prof. Jasman J Ma'ruf, SE., MBA. Dalam sambutannya Rektor UTU menyampaikan bahwa UTU terus berkomitmen untuk mengwujudkan kampus yang berkelanjutan dan peduli terhadap lingkungan. UTU sekarang berada di posisi 23 Nasional.

Rektor UTU juga menyampaikan bahwa pencapaian UTU selama ini sejak 2016 bukan karena kampus UTU berada di tengah hutan, akan tetapi pencapaian ini atas usaha kerja keras semua tim yang terlibat dalam memenuhi indikator yang ditetapkan oleh UI green metric.

Adapun Penilaian UI Green Metric dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%). 

Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, MM., MSc (Ketua UI greenmetric) turut hadir melalui zoom turut menyampaikan bahwa UTU harus terus bekerja keras untuk melakukan peradaban dalam mengwujudkan kampus yang berkelanjutan. Semangat Teuku Umar harus terus dikobarkan agar menjadi kampus yang dapat menginspirasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Dalam kegiatan ini juga turut hadir secara langsung Dr. Yunita Sadeli., M.Sc selaku Asesor UI green metric. (Is)

Komentar :

Lainnya :